1. Terdapat bentuk-bentuk aljabar:3x² - 5xy + 8y dan 12y - 2x² - 9xy a) bagaimanakah cara menjumlahkan bentuk-bentuk aljabar itu? b. Bagaimanakah cara mengurangkan bentuk-bentuk aljabar itu?c. Jika bagaimanakah sebuah suku banyak dikatakan dalam bentuk yang paling sederhana? ​

1. Terdapat bentuk-bentuk aljabar:3x² - 5xy + 8y dan 12y - 2x² - 9xy
a) bagaimanakah cara menjumlahkan bentuk-bentuk aljabar itu?
b. Bagaimanakah cara mengurangkan bentuk-bentuk aljabar itu?
c. Jika bagaimanakah sebuah suku banyak dikatakan dalam bentuk yang paling sederhana? ​

Jawaban:

a) Untuk menjumlahkan bentuk-bentuk aljabar tersebut, kita harus menjumlahkan koefisien dari suku-suku dengan eksponen yang sama. Misalnya, dalam kasus ini, kita akan menjumlahkan koefisien suku dengan eksponen x^2, koefisien suku dengan eksponen xy, dan koefisien suku dengan eksponen y.

3x² - 5xy + 8y

+ 12y - 2x² - 9xy

-------------------------

(3x² - 2x²) + (-5xy - 9xy) + (8y + 12y)

= x² - 14xy + 20y

Jadi, hasil penjumlahan bentuk-bentuk aljabar tersebut adalah x² - 14xy + 20y.

b) Untuk mengurangkan bentuk-bentuk aljabar tersebut, kita akan melakukan hal yang sama dengan langkah-langkah penjumlahan, tetapi kali ini kita akan mengurangkan koefisien suku-suku dengan eksponen yang sama.

3x² - 5xy + 8y

- (12y - 2x² - 9xy)

-------------------------

(3x² + 2x²) + (-5xy + 9xy) + (8y - 12y)

= 5x² + 4xy - 4y

Jadi, hasil pengurangan bentuk-bentuk aljabar tersebut adalah 5x² + 4xy - 4y.

c) Sebuah suku dikatakan dalam bentuk yang paling sederhana ketika tidak ada lagi kemungkinan melakukan pengurangan atau penjumlahan dari suku-suku tersebut. Dalam kasus ini, suku-suku tersebut dalam bentuk yang paling sederhana karena tidak ada lagi suku-suku dengan eksponen yang sama yang dapat digabungkan atau diurangkan.

Previous
Next Post »
0 Komentar