akibat pencemaran air terjadi eutrofikasi pada air, kecuali …. A. oksigen meningkat B. ikan mati C. alga meningkat tumbuh D. gulma subur E. pendangkalan danau

akibat pencemaran air terjadi eutrofikasi pada air, kecuali ….

A. oksigen meningkat
B. ikan mati
C. alga meningkat tumbuh
D. gulma subur
E. pendangkalan danau

Akibat pencemaran air terjadi eutrofikasi pada air, kecuali **C. oksigen meningkat**. Eutrofikasi menyebabkan rendahnya konsentrasi oksigen terlarut, bahkan sampai batas nol, yang menyebabkan makhluk hidup air seperti ikan dan spesies lainnya tidak bisa tumbuh dengan baik sehingga akhirnya mati. Hal ini juga bisa mengakibatkan pendangkalan danau, pertumbuhan subur alga, dan tumbuhan air berukuran mikro, serta meningkatnya tumbuhan gulma seperti eceng gondok.

Dengan demikian, kecuali oksigen meningkat, semua pilihan yang lain merupakan akibat dari eutrofikasi pada air.

Jawaban:

A

Penjelasan:

Akibat pencemaran air, eutrofikasi terjadi karena peningkatan kadar nutrien di dalam air, yang dapat menyebabkan pertumbuhan alga yang berlebihan. Pilihan yang tidak sesuai dengan efek eutrofikasi adalah:

A. Oksigen meningkat

Sebaliknya, dalam proses eutrofikasi, pertumbuhan alga yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan kadar oksigen di dalam air, bukan peningkatannya. Jadi, jawabannya adalah A. Oksigen meningkat.

Previous
Next Post »
0 Komentar